Memahami Kembali Definisi dan Deskripsi Matematika

"Apa yang dimaksud dengan matematika? Untuk dapat memberikan jawaban yang pasti tentang arti matematika sangatlah sulit. defenisi dari matematika makin lama makin sukar untuk dibuat secara tepat dan singkat. Cabang dari ilmu matematika makin lama makin bertambah dan bahkan tercampur satu sama lainnya. Sampai sekarang, diantara para ahli matematika belum ada kesepakatan yang bulat untuk membuat defenisi tentang matematika.
 Namun beberapa ahli mencoba untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan "Apa itu Matematika"?, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • James, ia berpendapat bahwa Matematika adalah ilmu tentang logika. Ilmu tentang bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan dengan jumlah yang banyak. Matematika timbul karena pikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran. Matematika terdiri dari empat wawasan yang luas, seperti aritmetika, aljabar, geometri, dan analisis.
  • Kline, berpendapat bahwa matematika itu bukan pengetahuan yang menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaannya itu untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi, dan alam.
  • Johnson dan Rising,  menyatakan bahwa matematika adalah bahasa, bahasa yang menggunakan istilah yang didefenisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, direpresentasikan dengan simbol dan padat, lebih merupakan bahasa simbol mengenai ide daripada bunyi, matematika adalah pengetahuan struktur yang terorganisasikan, sifat-sifat atau teori itu dianut secara deduktif.
  • Plato berpendapat, bahwa matematika adalah identik dengan filsafat untuk ahli pikir, walaupun mereka mengatakan bahwa matematika harus dipelajari untuk keperluan lain. Objek matematika ada di dunia nyata, tetapi terpisah dari akal. Ia mengadakan perbedaan antara aritmetika (teori bilangan) dan logistik (teknik berhitung) yang diperlukan orang. Belajar aritmetika berpengaruh positif karena memaksa yang belajar untuk belajar bilangan-bilangan abstrak. Dengan demikian matematika ditingkatkan menjadi mental aktivitas mental abstrak pada objek-objek yang ada secara lahiriah, tetapi yang ada hanya mempunyai representasi yang bermakna. Plato dapat disebut sebagai seorang rasionalis.
Selain beberapa pandangan dari para ahli di atas, masih ada lagi beberapa pendapat lain tentang matematika. Meskipun secara penekanannya ada perbedaan pandangan terhadap pengertian matemati, tetapi pendapat-pendapat para ahli tersebut pada dasarnya sama. Defenisi yang lain dari matematika dapat dirangkum sebagai berikut:
  1. Matematika adalah Ilmu tentang Struktur,
  2. Matematika adalah Ilmu Deduktif
  3. Matematika adalah Ilmu tentang Pola dan Hubungan
  4. Matematika sebagai Bahasa, Seni, dan Ratunya Ilmu.
Sekian tulisan tentang Apa itu Matematika?, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.