Turki Menghukum Seumur Hidup Puluhan Pejabat Akademi Militernya

Sebanyak 64 pejabat akademi militer Turki telah dijatuhi hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Turki. Mereka dihukum atas keterlibatan mereka dalam percobaan kudeta yang terjadi pada 2016. Kantor berita negara Anadolu juga mengkabarkan bahwa sebanyak 100 terdakwa lainnya dibebaskan dalam kasus itu karena tidak terbukti terlibat.



Mereka yang dijatuhi hukuman itu adalah orang-orang yang terbukti terlibat kudeta yang gagal dan diantara mereka pernah menerbangkan para siswa akademi ke sebuah markas militer untuk menghadapi warga sipil yang menentang kudeta.

Dari 64 orang yang dihukum seumur hidup tersebut terdapat empat orang yang divonis dengan hukuman "seumur hidup yang diperburuk". Maksud diperburuk disini adalah hukuman terberat dimana penerimanya tidak punya peluang  untuk mendapatkan pembebasan bersyarat apapun.

Perlu diketahui bahwa kudeta gagal yang pernah terjadi itu telah menewaskan 240 warga sipil tak bersenjata, terbunuh pada malam 15 Juli 2016 saat kudeta dilancarkan. Ketika itu, tentara yang terlibat membajak tank-tank dan pesawat tempur dalam kudeta gagal untuk menggulingkan Presiden Tayyip Erdogan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.